Senin, 02 April 2012

Bagaimana Menghasilkan Uang Lewat Blog ?

Lihatlah di sekitar Anda.. Ketika kita menemukan sebuah brosur, atau membaca iklan baris di koran, atau rekomendasi seorang teman, tentang penawaran menarik yang menggoda kita, kita bisa saja langsung mengangkat telpon dan berbicara dengan seseorang. Tawar-menawar dan akhirnya membeli sesuatu. Hal semacam ini sudah biasa terjadi kan?

Orang-orang berjualan melalui brosur. Dengan menuliskan kalimat iklan yang menarik dan mencantumkan nomer telpon, mereka memanggil calon pembeli untuk menghubunginya. Dan ketika telpon berdering, sang pemilik brosur menangkap signal pembelian dari prospek lantas dengan lihainya menawarkan janji bertemu dan ahirnya menutup pejualan. Dapat Duit juga kan akhirnya?


Hal seperti itu juga bisa kita lakukan lewat internet. Orang awam tidak perlu lagi mengerutkan kening karena mendengar istilah internet dan website / situs. Blog adalah ciptaan yang luar biasa dan memberdayakan. Kita hanya membutuhkan minat menulis yang tinggi untuk memulai menghasilkan uang lewat internet dengan menggunakan Blog. Ambil produk yang ingin Anda jual, buat artikel mengenai produk itu, postingkan itu di Blog Anda, dan tunggulah pembeli menghubungi Anda.

Tapi Blog tidak seperti brosur.
Kalo inget brosur, saya jadi inget masa lalu ketika saya menjadi salesman. Saya nitip brosur dan mebayar seorang SPG di sebuah pameran. Eh, pas saya jalan-jalan mengelilingi stand-stand, saya mendapati brosur saya di pegang anak kecil, orang biasa yang penampilannya semrawut, tukang kerak telor, dll.
Anda tahu brosur saya menawarkan apa? Mobil!!! Ya...., saya menjual Mobil. Bayangkan coba, masa brosur saya dibagi-bagikan ke tukang kerak telor?

Oke.... kembali ke Blog.
Blog akan menampung artikel kita secara online dan bisa dilihat kapan saja oleh siapa saja. Kita bisa saja menempatkan foto-foto produk beserta artikel yang menarik, disusun dengan rapi seperti layaknya situs-situs toko online. Cantumkan telpon Anda dan tunggulah itu berdering. Seperti saya dulu, saya memiliki nomer HP khusus yang saya pasang di brosur maupun di iklan koran. Jadi kalo HP berdering, saya langsung loncat dari kursi dan berteriak "ORDERAN !!!!!!" Karena hanya nomer itu yang saya pasang di iklan.
Kenapa Menjual Lewat Internet?
Alasan yang paling masuk akal saya kira karena internet dapat dijangkau lebih banyak orang dari segala penjuru dunia. Jadi kalo kita berjualan barang lewat internet, ya siap-siap saja dapat telpon atau e-mail dari orang di pulau sebrang. Kesempatan lebih luas bila di banding dengan berbisnis secara offline. Itu yang pertama.

Yang kedua, internet dapat memasarkan produk kita hampir seperti keajaiban. Ketika anda berjualan sepatu, hampir bisa dipastikan semua pengunjung Blog anda mencari sepatu. Waduh ....., apa iya mas?

Sekarang saya mau tanya. Apa yang akan anda lakukan ketika anda ingin mencari sesuatu di internet?

Sekarang ini, kebanyakan pengguna internet kenal sama yang namanya "mesin pencari" alias Search Engine seperti Google dan Yahoo!. Seperti biasanya, anda mengetikan frasa tertentu di kotak pencarian dan tekan enter. Maka dalam beberapa detik saja Anda bisa melihat link-link dari halaman-halaman yang berisikan frasa yang kita cari.
Kenapa begitu? Karena Search Engine akan mencari halaman situs yang relefan dengan kata kunci (keywords) yang Anda masukan, yang sudah masuk dalam index-nya.

Jadi jika Blog anda berisikan artikel-artikel tentang sepatu, pengunjung Blog anda yang datang dari Google Search sudah pasti mereka-mereka yang mencari sepatu. Benar?
Ini yang saya bilang Blog sama sekali jauh dibanding brosur saya yang dibagi-bagikan ke tukang "kerak telor" dan tukang "bajigur" ( .... dasar SPG kampret! Awas kalo ketemu lagi, tak minta lagi duitnya ..he..he..)

Affiliate Program
Banyak tuh orang yang dengan senang hati memberi anda komisi kalo anda membantunya menjualkan produk lewat internet. Dan itu yang juga sedang populer sekarang ini. Mempromosikan produk orang lain lewat Blog. Dalam internet marketing ini disebut affiliate program. Intinya, anda menjadi sales online untuk orang lain / perusahaan tertentu yang memiliki produk/jasa yang dijual secara online, dan menerima komisi atas penjualan produk yang anda lakukan.
Yah seperti dalam dunia permakelaran atau percaloan. Cuma ini namanya keren, "affiliate program".

Jadi kesimpulannya, Blog bukan lagi sekedar tempat menumpahkan uneg-uneg saja. Lebih dari itu, kita bisa menghasilkan uang lewat internet dengan memanfaatkan Blog sebagai media promosi. Dengan sedikit improvisasi yang baik, Blog bisa menjadi alat ampuh untuk menghasilkan uang. Dan yang luar biasa adalah, untuk memiliki sebuah blog yang cantik kita tidak perlu membayar alias Gratis.
Kunjungi www.Blogger.com untuk menciptakan Blog Anda sekarang juga. Jangan khawatir, Situs Blogger.com juga bisa berbahasa Indonesia. Jadi anda tidak perlu bingung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar